" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » , , » SEMANGAT MEMBANGUN NEGERI, KARTINI MASA KINI

SEMANGAT MEMBANGUN NEGERI, KARTINI MASA KINI

Written By PKS KOTA MGL on Selasa, 21 April 2015 | 21.4.15



dok.ilustrasi

Setiap tanggal 21 April, kita senantiasa diingatkan tentang hikmah kekuatan perempuan yang mampu merubah suatu ketidakadilan kaum perempuan. Meningkatkan kualitas hidup dan merubah paradigma terhadap wanita dari segala aspek kehidupan. “Habis Gelap Terbitlah Terang” slogan yang menjadi kekuatan untuk kaum wanita agar terus membangun negeri dengan jiwa Kartini Masa Kini. Kaum wanita yang hidup di zaman sekarang dan zaman Kartini dulu tentulah berbeda. Kaum wanita sekarang bekerja di tengah-tengah masyarakat. Mereka dapat melakukan pekerjaan yang dulunya adalah larangan, dapat menghasilkan karya untuk negeri dan dapat mengharumkan nama Negara Indonesia. Banyak ilmuwan wanita, olahragawati, tentara maupun polisi wanita Indonesia yang berjibaku untuk mengabdi dan memberikan pelayanan kepada publik. Guru, seniman dan berbagai macam profesi terdapat wanita hebat yang mampu menciptakan karya indah untuk Indonesia. 

Hari Kartini menjadi suatu perayaan untuk setiap warga di Indonesia, diantara hingar bingar perayaan Hari Kartini, kita hendaknya merenungi sisi lain nasib dan perlakuan terhadap perempuan yang masih dirasakan tidak sepantasnya.

Berita terakhir dan ini bukanlah berita pertama bagi bangsa Indonesia, bahwa terdapat Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang mendapatkan hukuman pancung di Arab Saudi. Terdapat TKW dari Indonesia yang harus merasakan setlika panas di punggung dan cambukan di seluruh tubuh oleh majikannya, dan lagi-lagi di negara seberang. Dari kasus-kasus yang terjadi, hendaknya kita merenung dan memahami. Perlindungan akan Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri masih sangat kurang. Terjadi hukuman mati bagi warga Indonesia tanpa sepengetahuan Diplomat Indonesia yang berada di Luar Negri, membuat kita terpukul. Keberadaan ribuan pekerja perempuan nan jauh di negeri seberang, pergi mencari nafkah tanpa mahram (keluarga dekat), jauh dari keluarga, selayaknya mendapatkan perhatian. Sementara, Pemerintah Indonesia masih belum bisa berbuat banyak. Begitu banyak agen penyalur TKW maupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) baik itu legal maupun illegal. Masih banyak Warga Indonesia yang berada di luar negeri untuk bekerja, tapi tak terdaftar secara resmi sebagai TKI. Ditambah lagi dengan risiko pekerjaan yang kurang terpantau. Namun, karena kebutuhan ekonomi, masih banyak orang Indonesia yang berbondong-bondong ingin bekerja di luar negeri, tergiur dengan upah tinggi tanpa disadari resiko yang mengancam.


Sebagai seorang Kartini Masa Kini, kita sepatutnya merenungkan bahwa sudah puluhan tahun negeri kita merdeka, dan masih banyak pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya pada wanita. Di beberapa wilayah Indonesia sendiri, kita temukan kasus-kasus pelanggaran HAM kaum wanita. Kaum wanita menjadi komoditi komersial tanpa mengindahkan harkat dan martabat. Dan hak kaum wanita pun termarjinalkan.


Melihat begitu banyaknya kasus pelanggaran HAM pada wanita, kita sebagai Kartini Masa Kini haruslah menjadi kartini yang tanggung, cerdas, dan tentunya tidak lepas dari pendidikan dan pemahaman agama yang tinggi. Sebagai seorang wanita yang teguh pendirian dan dilandasi oleh pemahaman agama, tentulah kasus-kasus seperti pelanggaran HAM tidak akan terjadi. Kartini Masa Kini harus sadar akan kedudukannya sebagai hamba Allah SWT. Kartini Masa Kini haruslah sadar akan kewajiban dan haknya, Kartini Masa Kini harus sadar terhadap perannya sebagai pembangun peradaban bangsa, kesadaran dari segi agama, sosial, politik, pendidikan, keterampilan, ekonomi, gizi keluarga, serta kesehatan dan lingkungan hidup di masyarakat


Bidang Perempuan PKS melalui program yang dinamakan Pos Wanita Keadilan (Pos WK) Kota Magelang, dicanangkan sejak tahun 2006, berusaha untuk terus melakukan langkah-langkah di masyarakat dalam pemberdayaan perempuan. Pos WK ingin terus mewujudkan kaum perempuan yang tangguh dan mandiri. Kerja-kerja pemberdayaan wanita Pos WK diantaranya yaitu penyuluhan, advokasi dan pembinaan keIslaman yang senantiasa dibangun dan dipelihara keberlangsungannya dengan keberadaan kader-kader perempuan PKS di seluruh kecamatan yang berada di Kota Magelang.


Dalam momentum peringatan Hari Kartini tahun ini, kami dari DPD PKS Kota Magelang mengucapkan  SELAMAT HARI KARTINI untuk semua kaum wanita di Kota Magelang. Semoga semangat kartini menginspirasi untuk terus memberikan prestasi pada negeri. Kami dari DPD PKS Kota Magelang juga akan terus bersemangat dan terus menjaga keberlangsungan program Pos WK agar berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat. Bidang Perempuan DPD  PKS Kota Magelang berharap dukungan penuh dari masyarakat untuk mendukung program-program Pos WK agar mampu untuk terus menginspirasi.

 Oleh :

Eny Musana, A.Md (Ketua Bidang Perempuan DPD PKS Kota Magelang)




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger