" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » , » BUMIKU BUMI KITA SEMUA

BUMIKU BUMI KITA SEMUA

Written By PKS KOTA MGL on Rabu, 22 April 2015 | 22.4.15


dok.google
Hari Bumi merupakan salah satu peringatan Internasional yang dirayakan setiap tanggal 22 April setiap tahunnya. Hari Bumi dirayakan pertama kali oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 dan terus di rayakan setiap tahun sampai saat ini. Sebagai orang yang tinggal di Bumi, ritual peringatan Hari Bumi dimaknai sebagai hari untuk lebih mencintai Bumi.
Saat ini Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara serta dikoordinasi dengan cara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Banyak orang-orang yang juga merayakan Hari Bumi yang didekasikan buat melindungi bumi. Hari bumi pertama dirayakan di Amerika Serikat serta mempunyai peserta serta peraya di 2000 perguruan tinggi serta kampus, seputar 10.000 sekolah basik serta menengah, serta beberapa ratus komunitas di semua Amerika Serikat. Lebih utama lagi, moment itu membawa 20 juta orang Amerika keluar rumah buat memperoleh cahaya matahari musim semi buat demonstrasi damai yang men-support reformasi lingkungan.

Earth Day Network. Jaringan Hari Bumi didirikan pada tahun 1993 dengan maksud membuat jaringan internasional yang didedikasikan buat mensupport pengorganisasian Hari Bumi.
 
Ada beberapa banyak cara untuk memperingati Hari Bumi yakni dengan cara menjaga, melindungi serta melestarikan Bumi yang sesuai dengan aturan di setiap negaranya. Contohnya saja, Pawai "Global Citizen 2015 Earth Day”  yang idenya muncul berbarengan dengan Proyek Kemiskinan Global untuk mengakhiri kemiskinan kronis didunia. Pihak penyelenggara berusaha menyorot permasalahan pergantian iklim. Pawai serta konser ini bertepatan dengan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional IMF serta Bank Dunia, yang di hadiri beberapa petinggi tinggi keuangan dunia.  “Hari Bumi” dengan cara resmi bakal diperingati pada hari ini, yang sekaligus menandai peringatan “Hari Bumi” ke-45.
Di Indonesia, komunitas Muaragembongku di Kabupaten Bekasi perduli lingkungan ini melakukan aksi penanaman mangrove untuk memperingati Hari Bumi. Aktivitas itu mempunyai tujuan untuk melestarikan serta melindungi ekosistem rimba mangrove. Kondisi hutan mangrove di pesisir Muaragembong kondisinya kronis sehingga beresiko pada bahaya abrasi,  belum lagi tingginya pencemaran air di Kabupaten Bekasi yang cukup parah, jelas Yusup Maulana yang merupakan panitia dari kegiatan ini (dikutip dari media online). Berdasarkan Yusup, tindakan penanaman mangrove mesti menjadi agenda teratur, terutama di lokasi yang saat ini tengah gawat serta terancam bahaya abrasi seperti di Kampung Beting.

Seperti diketahui, global warming telah membawa pengaruh signifikan terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini. Perubahan iklim ini berdampak serius terhadap ketersediaan pasokan pangan karena jadwal tanam para petani menjadi tak dapat dipastikan.

Kemudian apa yang bisa kita kerjakan untuk memperpanjang usia bumi kita? Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang terkecil, dan mulai dari sekarang. Berikut adalah beberapa contoh kecil yang dapat dilakukan, menanam pohon, mematikan lampu saat tidur, memilih menaiki tangga daripada lift, mandi menggunakan shower, mengurangi penggunaan AC, mematikan mesin kendaraan saat lampu lalu lintas berwarna merah, memilih naik angkutan umum atau bersepeda dari kendaraan pribadi, mengurangi penggunaan detergent berkonsentrat tinggi saat mencuci, membuang sampah pada tempat semestinya, memilah sampah organik dan anorganik, menghemat penggunaan kertas, mengurangi penggunaan plastik kresek, menjaga hutan sebagai asset penting dalam pelestarian lingkungan. Berbagai macam gerakan ini dapat dilakukan sekarang dan seterusnya. Amal yang baik itu merupakan amal yang dilakukan terus menerus. Artinya, jika langkah kecil mampu dilakukan secara terus menerus maka akan menciptakan langkah yang besar. Dan tentunya menjaga bumi bukanlah tugas sebagian orang namun tugas semua makhluk Allah yang telah dilimpahkan rizkinya, selayaknya untuk menjaga titipan Allah denan sebaik mungkin.





Sumber : - Szaktudas.com dan Environmental Responsibility Report 2015 Progress Report,  Covering FY2014

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger