" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Jazuli Juwaini Berharap Kurikulum Baru Lebih Komprehensif

Jazuli Juwaini Berharap Kurikulum Baru Lebih Komprehensif

Written By PKS KOTA MAGELANG on Rabu, 22 Mei 2013 | 22.5.13

Jazuli Juwaini, Waka komisi VIII DPR RI, Fraksi PKS.
PKS KOTA MAGELANG -- Senayan [Seputar PKS], Wakil Ketua Komisi VIII DPR Jazuli Juwaini mengatakan, dalam penyusunan Kurikulum 2013 seharusnya Kementerian Agama (Kemenag) tidak hanya terlibat dalam penyusunan kurikulum untuk mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam).

Kata Jazuli, seharusnya Kemenag juga terlibat dalam keseluruhan proses penyusunan kurikulum, baik mata pelajaran yang lain maupun metode yang ada dalam kurikulum itu sendiri. "Sehingga kurikulum yang ada akan lebih komprehensif. Dan jangan sampai hal ini malah akan semakin memperuncing dualisme sistem pendidikan antara Kemdikbud dan Kemenag," kata Jazuli dalam rilisnya, Selasa (21/5).

Jazuli melanjutkan, jika Kementerian Agama hanya terlibat dalam penyusunan mata pelajaran PAI, kurikulum ini masih sektoral. Karena, siswa-siswa madrasah juga akan ikut menerapkan kurikulum 2013 ini, bukan hanya pelajaran PAI. "Oleh karenanya, penyusunan Kurikulum 2013 harus melibatkan semua stakeholder sehingga diharapkan Kurikulum 2013 akan lebih komprehensif," usulnya.

Selain itu, Ketua DPP PKS ini juga menyoroti kurikulum yang hanya menyentuh aspek kognitif, masih belum mengakomodir aspek afektif dan aspek psikomotorik. Sedangkan dalam pembentukan karakter dan moralitas yang baik, aspek afektif dan psikomotorik juga harus dikedepankan.

"Harus ada upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kurikulum. Sehingga siswa tidak hanya cerdas secara intelegensi namun juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Integrasi nilai-nilai agama ini sangat penting agar siswa memiliki akhlak mulia," pungkas Jazuli. [jurnalparlemen.com]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger