" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Angka Kemiskinan Kota Magelang Semakin Menurun

Angka Kemiskinan Kota Magelang Semakin Menurun

Written By Unknown on Kamis, 28 Maret 2013 | 28.3.13

PKS KOTA MAGELANG -- Magelang Kota [Magelangan], Angka kemiskinan Kota Magelang dari tahun ke tahun mengalami penurunan cukup signifikan. Tahun 2010 angka kemiskinan di kota getuk ini tercatat sebesar 22,70 persen, tahun 2011 sebesar 20,28 persen, sedangkan pada tahun 2012 kemarin sebesar 14,48 persen atau 23.602 jiwa dari 130.696 jumlah penduduk Kota Magelang.
Hal itu dikemukakan oleh Kepala Bappeda Kota Magelang Ir Joko Soeparno MPL dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Magelang Tahun 2014, di Pendopo Pengabdian, Kamis (21/3).

Hal itu juga diikuti dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dari tahun ke tahun. “Pengurangan angka kemiskinan menjadi salah satu fokus kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2014, target kita pada tahun 2015 angka kemiskinan jumlah penduduk berkurang menjadi 9,04 persen. Untuk itu perencanaan tersebut harus dilakukan dengan matang dengan mengundang pemangku kepentingan melalui forum ini,” kata Joko.

Joko mengatakan maksud dari penyusunan RKPD adalah menyediakan acuan bagi pemerintah daerah dan DPRD dalam menyusun rancangan APBD, yang didahului dengan penyusunan KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Prioritas dan Pagu Anggaran Sementara). Selain itu kegiatan ini juga akan menjadi pedoman penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan daerah, antar wilayah, antar sektor pembangunan dan antar tingkat pemerintahan serta menciptakan efisiensi alokasi sumber daya dalam pembangunan daerah,” tuturnya.

Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito MT saat membuka acara tersebut mengatakan, ada dua sasaran pembangunan dari tahun 2011-2015. Sasaran yang pertama yakni terwujudnya Kota Magelang sebagai kota penyedia layanan unggul dan berdaya saing, yang harus didukung oleh aparatur pemerintah yang lebih profesional. Pelayanan yang harus unggul antara lain sektor pendidikan, kesehatan, perdagangan, kepariwisataan, serta jasa hospitality.

Sasaran kedua adalah mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, mandiri dan berkeadilan. Dalam hal ini, pemerintah akan mengupayakan penanggulangan kemiskinan, perluasan kesempatan kerja, serta peningkatan kualitas tenaga kerja di Kota Magelang.

“Kedua sasaran besar tersebut harus ditopang dari upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi Kota Magelang, disertai pemerataan pendapatan serta upaya pengurangan kesenjangan pembangunan antar wilayah,” ujarnya.

Acara ini dihadiri perwakilan Bappeda Prov Jateng, Forpimda Kota Magelang, pejabat SKPD se Kota Magelang, akademisi, LSM, organisasi kemasyarakatan serta beberapa elemen masyarakat lainnya. [magelangkota.go.id]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger