" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Mukhoyyam Itu Tak Tergantikan…

Mukhoyyam Itu Tak Tergantikan…

Written By PKS KOTA MGL on Minggu, 16 Desember 2012 | 16.12.12

Bismillah…
kami mengawali langkah, menyusuri jalan panjang, menembus hutan belantara, menaklukan terjalnya tebing, curamnya jurang, menerobos rawa-rawa dan lembah mengerikan, bertemankan malam yang dingin, dibasahi hujan deras mengguyur badan, menggigil dingin tak tertahankan, namun selimut ukhuwah hadir menghangatkan…
Tegap langkah derap para pejuang, menginjak bumi dengan semangat menggelora, kicauan burung serta sahutan hewan hewan makhluk hutan seolah bernyanyi dan bertepuk tangan menyambut gembira…kami kian terpesona…terposan kami pada kebesaran ciptaan-Nya..terpana kami pada keelokan ciptaan-Nya..terlena kami pada keragaman ciptaan-Nya..
Lelah..letih..merasuk dalam tubuh..namun semangat dalam jiwa membunuh perlahan rasa lelah itu..hingga rasa lelah itu, kelelahan mengikuti derap semangat langkah kami..senyum semangat selalu hadir dari saudara2 seperjuangan, kehangatan ukhuwah menjadi senjata untuk tetap semangat dan terus bergerak sampai garis tujuan...selelah dan seletih apapun…harus tetap sampai tujuan..
Mukhoyyam memang tak tergantikan…tak bisa digantikan dengan sayyidul istghfar 10x saat halaqoh..tak bisa digantikan dengan tugas tugas sebagai iqobah bagi yang tak bias ikut…tak bisa digantikan dengan infaq sebesar apapun..tak bisa digantikan dengan berlari 10x putaran bahkan lebih sekalipun..
Mukhoyyam adalah agenda spesial…dan harus diikuti oleh seluruh kader tanpa terkecuali. Tak bisa hanya mengatakan “ana cukup dengan tarbiyah atau mabit saja” Lantas tak mau ikut mukhoyyam. Tidak bisa…sekali lagi tidak bisa. Mukhoyyam adalah program khusus. Karena banyak sekali hikmah dari sebuah perjalanan panjang itu. Yang tak bisa ditemukan pada program-program yang lain. 
Mukhoyyam bukan tentang ketahanan fisik. Bukan juga untuk menguatkan ruhiyah. Dan bukan untuk mempertajam fikriyah. Namun mukhoyyam mencakup ketiga hal itu..fikriyah, ruhiyyah dan jasadiyyah. Ditengah kesibukan agenda mukhoyyam yang padat, seorang kader dakwah diharuskan untuk tetap menuntaskan tilawahnya 1 Juz perhari. Diharuskan tetap qiyamullail tiap malam, Al-ma’tsurat pagi dan petang, serta sholat berjama’ah diawal waktu. Selain itu, ada kultum dari peserta serta mendapat taujih dilailatul katibah yang akan menguatkan ruhiyah sekaligus menambah mempertajam fikriyyah.
Pada fikriyyah, banyak sekali pengetahuan yang kita dapatkan dari agenda ini. Tentang survival bagaimana bertahan hidup ditengah-tengah hutan belantara. Tentang tumbuhan yang boleh dimakan dan tidak, tentang bagaimana mendapatkan air sementara tak ada mata air. Tentang bagaimana menghidupkan api dan menjaga api agar tetap menyala meskipun diguyur hujan deras sekalipun. Bagaimana menghidupkan api walau tanpa korek.
Dimukhoyyam pula kita diajarkan tentang pertahanan diri. Karena disana kita akan mendapat materi dasar tentang bela diri. Serta pengetahuan tentang pola hidup sehat. 
Pada Jasadiyyah, ada out bond, serta kegiatan-kegiatan fisik yang harus dikerjakan individu setiap hari dengan jumlah kewajiban tertentu. Dan tentu yang tak boleh ketinggalan adalah Long March dari sore hari sampai sore hari berikutnya..subhanallah…dengan berjama’ah ternyata kita bisa..
Semua agenda yang padat itu menjadi momen menguatkan ukhuwah antar kader dakwah. Membuka tabir sifat yang selama ini tertutup. Membuat ukhuwah semakin indah. Tak ada beban disana, semuanya menjalankan tugas dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab. 
Senyum ikhlas sangat sering terlihat disana..bahkan tertawa lepas pun sering terdengar disana. Meski dalam posisi iqobah, meski dalam posisi push up sekalipun, mereka tetap tersenyum dan tertawa bahagia. Dari yang muda sampai yang kepala lima semua senang bahagia…
Banyak sekali kisah dan hikmah yang tertuang saat mukhoyyam. Sampai saya bingung harus menuliskan apa lagi..dibenak ini terlalu banyak dan indah yang ingin disampaikan, namun sulit diungkapkan..kata orang jika keindahan itu sudah benar-benar indah biasanya menjadi “sulit ditulis dengan kata-kata”.
Masih ada yang ragu ikut mukhoyyam?? Masih ada yang mencoba membuat 1001 alasan untuk tidak ikut mukhoyyam?? Kalo masih ada…hmmm…
Ini ceritaku apa ceritamu??? [ar]
------
Sumber : islamedia.web.id
Share this article :

1 komentar:

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger