" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » H Arifin Mustofa, S.Pd: Maksimalkan Ramadhan sebagai Bulan Khidmah

H Arifin Mustofa, S.Pd: Maksimalkan Ramadhan sebagai Bulan Khidmah

Written By PKS KOTA MGL on Senin, 23 Mei 2016 | 23.5.16

   
Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Magelang H Arifin Mustofa S.Pd
PKS-KotaMagelang |
Berkaitan dengan Ramadhan 1437 yang sebentar lagi akan menyapa umat Islam. Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Kota Magelang H Arifin Mustofa S.Pd, menyampaikan, Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD-PKS), Kota Magelang sudah berkoordinasi untuk mempersiapkannya. 

“Ramadhan bukan kegiatan seremonial belaka, sebagai umat Islam kita harus bisa memanfaatkannya,” katanya.

Arifin mengingatkan, Ramadhan setiap tahun ada, karena itu jangan terjebak pada rutinitas. Agar hal itu tidak terjadi, anggaplah Ramadhan 1437 ini sebagai Ramadhan terakhir. Karena itu, harus kreatif untuk mengadakan suatu bentuk amalan, seperti: ifthar (buka bersama), tarawih, tilawah, itikaf dan pembinaan lainnya, tidak sekadar menahan lapar dan dahaga saja. 

“Berbagai kegiatan di Ramadhan itu harus bisa mengemas sehingga para kader bisa maksimal memanfaatkannya!” serunya. 

Selain itu, puasa juga mengajarkan kepada pelakunya untuk peduli. Misalnya buka bersama, bisa dalam bentuk menyediakan menu tajilan (menyegerakan berbuka) di perempatan strategis. Apalagi Kota Magelang ini termasuk jalur lintasan antarkota. 

Menurutnya untuk berkhidmah (melayani) ke masyarakat harus ada rasa peduli. Untuk peduli harus bisa merasakan. Kita peduli karena kita bisa merasakan. Bukankah puasa mengajarkan hal itu, yakni kondisi lapar dan dahaga. Dengan begitu (merasakan penderitaan orang lain), barulah seseorang bisa melayani masyarakat secara maksimal. 

“Momentum Ramadhan ini kita jadikan untuk lebih dekat dengan masyarakat,” seru Arifin.  

Sebelumnya, pada Mei lalu, Kota Magelang menjadi tempat berkumpulnya para penghafal Al-Quran, yang mengadakan acara “Temu Huffazh Nasional”. Kegiatan ini memberi bekas yang mendalam bagi warganya yang tinggal di kota “Sejuta Bunga” yang memiliki visi misi menjadikan Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas yang dilandasi masyarakat yang sejahtera dan Religius.

Arifin yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Magelang ini mengingatkan, Ramadhan disebut juga sebagai “Syahrul Qur’an”, bulan Al-Quran. Untuk memotivasi kader, DPD PKS Kota Magelang akan mengadakan Mukhayyam Al-Quran. Pelaksanaan dan targetnya disesuaikan dengan kondisi kader di Kota Magelang. Mukhayyam Al-Quran di Kota Magelang rencananya diadakan sebelum pelaksanaan Itikaf. 

“Mukhayyam Al-Quran Ramadhan ini sebagai sarana kader untuk persiapan mengikuti itikaf,” tuturnya.

Bagi Arifin Mustofa, bila diibaratkan baterai, maka Ramadhan ini sarana untuk men-charge ruhani. Sebagaimana olahraga yang memerlukan pemanasan, maka olah ruhani pun harus ada persiapan, Rajab dan Syaban adalah bulan pemanasan untuk menyambut Ramadhan. 

“Dengan menjaga tilawah Al-Quran itulah salah satu cara seorang muslim men-charge keimanannya,” ujarnya.  

Harapan berikutnya selaku Ketua Bidang Kaderisasi Arifin Mustofa berharap, para kader PKS Kota Magelang pasca Ramadhan bisa memenuhi target membaca Al-Quran tiga juz perhari.


     

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger