" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Hikmah Tersembunyi dibalik Panas dan Hujan

Hikmah Tersembunyi dibalik Panas dan Hujan

Written By PKS KOTA MAGELANG on Kamis, 31 Maret 2016 | 31.3.16

Sesungguhnya banyak makna yang terdapat dalam peristiwa alam ini jika kita berpikir

Oleh: Tri Handayani

   
PKS-KOTAMAGELANG | Allahumma soyyiban Naafian "Ya Allah, semoga hujan ini bermanfaat". Doa ini terucap ketika hujan mulai turun. Orang yang beriman melafadzkan kalimat ini seraya mengharap dengan sungguh- sungguh agar Allah SWT menurunkan hujan yang penuh manfaat dan tidak menimbulkan musibah.


Sebaliknya ada pula orang yang mengeluh di saat hujan. Mereka menganggap bahwa hujan menghalangi aktivitas mereka. Bahkan pada saat yang berdekatan, ia juga mengeluh kepanasan, dan bertanya padaNya, mengapa hari begitu panas? Mengapa pula hujan tak segera turun?

Seolah olah hujan dan panas itu milik mereka yang dapat diperintah kapanpun ia kehendaki.

Sesungguhnya banyak makna yang terdapat dalam peristiwa alam ini jika kita berpikir.

💦Allah SWT sedang menguji kesabaran manusia

Manusia memiliki tabiat senang berkeluh kesah. Allah SWT menguji keadaan yang mereka senangi maupun sebaliknya. Meskipun manusia sangat membutuhkan keduanya pada saat yang tepat menurut kemauannya. Maka barangsiapa bersyukur dan sabar ketika berada dalam keadaaan senang dan susah maka baginya pahala yang besar.

💦Allah SWT menuntun untuk berbagi

Tidakkah kita berpikir ketika hujan turun, maka para petani bersyukur karena tanamannya tumbuh subur. Ikan berenang dengan riang, katak bernyanyi sambil menari. Pedagang kuliner bersemangat penuh harap. 

Bagaimana dengan penjual es? Hujan yang turun membuat dagangannya tidak selaku seperti ketika cuaca panas. Tapi bukankah hidup itu ibarat roda yang berputar, kadang rizki mudah didapatkan, begitu pula sebaliknya.

💦Allah SWT sedang mengajarkan empati

Saat hujan turun, berikan tempat untuk mereka berteduh di teras rumah kita yang kebetulan letaknya di tepi jalan. Tawarkan jas hujan atau bahkan segelas teh hangat. Karena kesan pertama yang menyentuh akan membuat seseorang terkenang selamanya.

💦 Allah SWT mendidik sikap disiplin

Di tengah cuaca yang tidak menentu, maka kita sudah sepantasnya menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapai panas yang terik dan seketika itu hujan turun dengan derasnya. Artinya dengan kondisi apapun kita harus bersiap.

Begitulah, tidaklah Allah SWT menciptakan makhluk-Nya tanpa makna.

Lainnya:
Kecanduan Medsos Buat Depresi, Ini Alasannya
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger