" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » , » Budidaya Lidah Buaya, Ragam Manfaat dan Peluang Usaha

Budidaya Lidah Buaya, Ragam Manfaat dan Peluang Usaha

Written By PKS KOTA MGL on Selasa, 29 Maret 2016 | 29.3.16

  
Iskandar dan Caswin Peserta Pelatihan Budidaya Lidah Buaya  di Kebun Bibit Hortikultura, Kota Magelang, Senin-Kamis (21-24/3/2016)
PKSKotaMagelang |
Dulu orang menganggap lidah buaya sebagai tanaman pengisi halaman saja. Tumbuhnya pun dibiarkan liar di belakang rumah. Namun kini mulai diperhitungkan setelah masyarakat mengetahui ragam manfaatnya.

Pemerintah Kota Magelang menangkap peluang ini dengan mengadakan, Pelatihan Budidaya Lidah Buaya. Pemkot menggelar pelatihan ini di Kebun Bibit Hortikultura, Kota Magelang, Senin-Kamis (21-24/03). Ada 90 peserta yang berasal dari perwakilan tiga kecamatan mengikuti pelatihan ini.

Salah seorang Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Magelang dari DPRa Cacaban, Fandi Yudho Rahmanto yang mengikuti pelatihan ini menuturkan, budidaya lidah buaya efektif sekali. Tanaman ini bisa berusia hingga 12 tahun, kaya manfaat, beragam variasi sajiannya dan banyak dicari orang.

“Peluang terbuka, karena di Magelang ini masih jarang yang membudidayakannya,” jelas Fandi.

Pelatihan lanjutan berlangsung di Bogor, Senin-Kamis (28-31/03). Peserta diajak menengok langsung kesuksesan usaha budi daya lidah buaya.  Selanjutnya mereka yang mengikuti pelatihan lanjutan ini, menjadi penyuluh ke petani di wilayahnya masing-masing.

Peserta pelatihan akan memberikan bimbingan kepada yang berminat untuk membudidayakan lidah buaya.
  
"Peluang terbuka, karena di Magelang ini masih jarang yang membudidayakannya"

Melihat prospeknya, Fandi juga bersemangat untuk membudidayakan tanaman lidah buaya. “Ternyata tak hanya untuk shampoo, tapi juga untuk bisnis kuliner, seperti cendol dan es krim dan obat herbal,” terang Fandi.

Beberapa daerah yang sudah maju dalam Budidaya ini, di Kulonprogo, DIY, dan Bogor.

  
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (Dispeterikan) Kota Magelang, Sri Retno Murtiningsih, sebagaimana kami kutip dari Kompas memaparkan, sebagai tahap awal, pihaknya mengadakan pelatihan budidaya lidah buaya kepada warga.

"Tahun 2015, kami sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Responnya sangat positif dan sekarang mereka diajak untuk mengikuti pelatihan. Materi dari aneka manfaat lidah buaya, cara menanam, prospek usaha, hingga cara memasarkannya," jelas dia.

Pihaknya juga mendatangkan akademisi dari UGM dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) untuk melatih peserta.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger