" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » , » Ahmad Tri Susilo, Atasi Sampah Harus Sinergi dengan Pusat

Ahmad Tri Susilo, Atasi Sampah Harus Sinergi dengan Pusat

Written By PKS KOTA MGL on Rabu, 24 Februari 2016 | 24.2.16

   
PKSKotaMagelang | FRAKSI – Permasalahan sampah di Kota Magelang ditengarai sudah pada tahap krisis  volume Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA ). Daya tampungnya, maksimal dua tahun lagi sudah full. Krisis ini menjadi pokok bahasan dalam rapat Konsultasi, Komisi C DPRD Kota Magelang dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Pusat sebagai bidang yang berwenang menangani persampahan, Jumat (19/02), di ruang rapat kantor Cipta Karya , Jakarta.
Selain memaparkan Kebijakan pusat  tentang pengelolaan dan penanganan sampah, Perwakilan Dirjen Cipta Karya Kementerian PU  Yusika juga memaparkan program-program dari Pusat terhadap pengelolan sampah yang bisa dilaksanakan di kota magelang.

Sekretaris Fraksi PKS Ahmad Tri Susilo  yang hadir pada rapat konsultasi itu mengatakan, perlu adanya sinergi antara kebijakan pusat dengan daerah. “Harus ada monitoring dari pusat sudah sejauh mana daerah melaksanakan kebijakan yang berlaku,” katanya.

Dia menambahkan, harus  ada planning-actuating-controlling  terhadap tindaklanjut program dari pusat ini.  Dalam kesempatan rapat konsultasi ini dia menegaskan, khusus masalah penanganan  sampah Kota Magelang sudah "kritis" 

“Harus segera melaksanakan pembuatan TPSA regional gabungan antara Kota dan Kabupaten Magelang,” sarannya.

 "Tidak ada kata terlambat untuk kebaikan"

Karena itu PKS Mendorong pemerintah provinsi memfasilitasi segera terlaksanannya pembuatan TPSA Regional.

Kepada pemerintah Kota Magelang, sesuai dengan amanat Perda no.10 th 2013 ttg pengelolaan sampah, harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab bersama, dapat juga berkolaborasi antara dinas Kebersihan dn Tata Kota (DKPTK) dengan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) untuk memberi solusi terhadap masalah ini.

Selain itu kepada  masyarakat kota Magelang dia menghimbau. Harus diubah mindset (pola pikir) tentang sampah rumah tangga “Harus bisa memahami 3R,  yakni Reuse, Reduce, Recycle (Penggunaan kembali, berkurang , mendaur ulang)” pungkasnya.

Mari kita mulai dari sekarang, "Tidak ada kata terlambat untuk kebaikan," pungkasnya.

Eman Mulyatman


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger