" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Memahami Syahadat Risalah

Memahami Syahadat Risalah

Written By PKS KOTA MAGELANG on Jumat, 18 Desember 2015 | 18.12.15

Keimanan dan keislaman seseorang tidak akan benar sebelum ia mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw
  
PKSKotaMagelang
| OASE -
Untuk menjaga kehormatan manusia, Allah SWT menurunkan petunjuk berupa wahyu yang terdapat dalam kitab suci. Selain buku pedoman Allah SWT juga mengutus para Rasul yang membimbing manusia untuk menemukan dan mengenali Tuhan yang sebenarnya. Hal ini penting agar mereka tidak menuhankan selain Allah SWT. Demikian itu karena selain Al-Khaliq adalah makhluk. Kalau sama - sama makhluk berarti kedudukannya sama atau kadang bahkan lebih rendah.

Bimbingan dan ajaran yang dibawa oleh para Rasul itulah yang selanjutnya disebut Islam. Orang yang masuk Islam disebut muslim.

Untuk mengikuti kehendak Allah SWT dan menjalankan tuntunan-Nya, manusia tidak mungkin menerima ajaran Allah SWT itu secara langsung. Karena manusia tidak mungkin bertemu langsung atau mendengar langsung suara Tuhan kecuali dengan perantaraan Malaikat terpilih. Jibril as inilah malaikat  yang Allah SWT utus untuk menyampaikan wahyu kepada manusia pilihan, yaitu para nabi dan rasul. Selanjutnya para rasul itulah yang menyampaikan ajaran langit tersebut kepada umat manusia di bumi.

Nabi dan Rasul yang dapat kita ketahui ada 25 orang. Pertama, Adam yang menjadi nenek moyang umat manusia dan terakhir Muhammad saw. Diantara para Rasul itu ada lima orang rasul yang disebut sebagai ulul azmi karena kegigihan mereka dalam jihad dan berjuang, yaitu Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad saw. Penutup para nabi atau nabi yang terakhir, Muhammad saw ini disebut sebagai juga sebagai sayyidul anbiya' wal mursalin.

Keimanan dan keislaman seseorang tidak akan benar sebelum ia mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw, sebagaimana sabdanya:

"Tidaklah beriman salah seorang kalian sebelum hawa (nafsunya) mengikuti (ajaran) yang aku bawa." (Disebutkan dalam al-Arba'in an-Nawawiyyah hadits ke-41).


Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan:

1) Wajib meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan meningkatkan pemahaman terhadap rukun Islam yang pertama.

2) Pemahaman terhadap syahadat tauhid dan syahadat rasul akan menentukan kualitas diri dimata Allah SWT dan di mata manusia.

3) Syahadat tauhid diwujudkan dengan ikhlas beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun.

4) Syahadat rasul diwujudkan dengan mengikuti tuntunan rasul dan meneladaninya dalam menjalani kehidupan ini.

Dinukil dari buku: Mengenal dan Memahami Islam (Ust. Jasiman Lc)

PKSJateng.Or.Id


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger