" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Memahami Syahadat Risalah Tauhid

Memahami Syahadat Risalah Tauhid

Written By PKS KOTA MAGELANG on Selasa, 03 November 2015 | 3.11.15

Keimanan dan keislaman seseorang tidak akan benar sebelum ia mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw
 
Oleh: Ust. Jasiman Lc* 


  
PKSKotaMagelang.Org
|OASE-
Untuk menjaga kehormatan manusia, Allah menurunkan petunjuk berupa wahyu yang terdapat dalam kitab suci. Selain itu, Allah SWT mengutus para Rasul saw yang membimbing mereka untuk menemukan dan mengenali Tuhan yang sebenarnya. Hal ini penting agar mereka tidak menuhankan selain Allah. 

Jadi, selain Al-Khaliq adalah makhluk. Kalau sama - sama makhluk berarti kedudukannya sama atau kadang bahkan lebih rendah dibanding manusia itu sendiri.

Bimbingan dan ajaran yang dibawa oleh para Rasul itulah yang selanjutnya disebut Islam. Orang yang masuk Islam disebut muslim.

Untuk mengikuti kehendak AllahSWT dan menjalankan tuntunan-Nya, manusia tidak mungkin menerima ajaran Allah SWT itu secara langsung. Manusia tidak mungkin bertemu langsung atau mendengar langsung suara Tuhan kecuali. Wahyu turun dengan perantaraan Malaikat terpilih, Jibril as.

Selanjutnya para Rasul itulah yang menyampaikan ajaran langit tersebut kepada umat manusia. Nabi dan Rasul yang dapat kita ketahui ada 25 orang. Yang pertama adalah Adam yang menjadi nenek moyang umat manusia, yang terakhir adalah Muhammad saw.


Gelar agung itu karena kegigihan mereka dalam jihad dan berjuang

Diantara para Rasul itu ada 4 orang rasul yang disebut sebagai ulul azmi. Gelar agung itu karena kegigihan mereka dalam jihad dan berjuang, yaitu Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Musa dan Nabi Muhammad Saw. Yang terakhir ini disebut sebagai sayyidul anbiya' wal mursalin.

Keimanan dan keislaman seseorang tidak akan benar sebelum ia mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi terakhir itu sebagaimana sabdanya :

"Tidaklah beriman salah seorang kalian sebelum hawa (nafsunya) mengikuti (ajaran) yang aku bawa." (Disebutkan dalam al-Arba'in an-Nawawiyyah hadits ke-41).

Dari uraian di atas ada beberapa kesimpulan yang perlu kami sampaikn, yaitu :
  1. Kita wajib meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan meningkatkan pemahaman kita terhadap rukun Islam yang pertama, Syahadatain.
  2. Pemahaman kita terhadap Syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul akan menentukan kualitas diri kita di mata Allah SWT dan di mata sesame manusia.
  3. Syahadat tauhid diwujudkan dengan ikhlas beribadah kepada Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun.
  4. Syahadat Rasul diwujudkan dengan mengikuti tuntunan Rasul dan meneladaninya dalam menjalani kehidupan ini.
*Disarikan dari buku Mengenal dan Memahami Islam
 
Lainnya:
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger