" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Kakao Terbesar

Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Kakao Terbesar

Written By PKS KOTA MGL on Minggu, 02 Juni 2013 | 2.6.13

(doc. tajuk.co).
PKS KOTA MAGELANG -- PAYAKUMBUH, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara penghasil kakao terbesar di dunia. Baik produksi maupun kualitas kakao Indonesia masih bisa ditingkatkan sehingga bisa menyaingi produk kakao dari negara lain.

Menteri Pertanian Suswono mengemukakan hal tersebut ketika meresmikan pabrik pengolahan kakao menjadi produk coklat skala kecil di Payakumbuh, Sumatera Barat, Jumat (31/5).

“Posisi Indonesia saat ini berada di urutan ketiga di bawah Pantai Gading dan Ghana sebagai penghasil kakao dunia. Namun ini masih bisa ditingkatkan,” kata Mentan Suswono.

Lebih lanjut Suswono mengatakan, sejak meluncurkan program Gerakan Nasional (Gernas) Kakao tahun 2010 lalu, luas lahan dan kualitas kakao Indonesia terus meningkat. Tahun 2012 lalu produksi kakao Indonesia mencapai 750 ribu ton.

Pantai Gading dan Ghana memasok sekitar 44 persen kebutuhan kakao dunia. Sementara Indonesia sekitar 13 persen.

Indonesia, lanjut Suswono, memiliki kakao dengan kualitas yang baik. Bahkan kakao yang tumbuh di Payakumbuh merupakan kakao terbaik di dunia. “Buah dan bijinya besar. Negara lain tidak memiliki kakao seperti ini,” lanjut Suswono.

Hal ini diakui oleh Walikota Payakumbuh Reza Falepi, yang juga hadir pada kesempatan tersebut. Menurut dia, banyak peneliti coklat dari mana negara datang ke Payakumbuh hanya untuk meneliti kakao Payakumbuh.

“Mereka bilang kakao Payakumbuh yang terbaik di dunia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Mentan juga mengimbau, agar tidak ada lagi ekspor biji kakao mentah. Kakao yang diekspor, kata Mentan, harus memiliki nilai lebih.

“Kalau bisa yang diekspor produk olahannya agar nilai tambahnya besar. Kalau belum bisa minimal difermentasi lebih dulu baru diekspor. Sehingga ada nilai tambahnya dan harganya lebih mahal ketimbang biji kakao mentah,” tandas Mentan.

Payakumbuh merupakan daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia untuk skala non perusahaan. Untuk skala perusahaan penghasil kakao terbesar adalah PT Perkebunan Negara (PTPN).

Luas lahan kakao Indonesia saat ini sekitar 1,7 juta hektare. Dari jumlah tersebut baru 1,1 juta hektare yang menghasilkan. Sementara 400.000 hektare belum menghasilkan, dan 200.000 hektare lahan rusak. [tajuk.co]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger