" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Surahman: BKSAP DPR Akan Maksimalkan Hubungan Bilateral dengan Kazakhstan & Uzbekistan

Surahman: BKSAP DPR Akan Maksimalkan Hubungan Bilateral dengan Kazakhstan & Uzbekistan

Written By PKS KOTA MAGELANG on Sabtu, 27 April 2013 | 27.4.13

Surahman Hidayat, Ketua BKSAP DPR RI.
PKS KOTA MAGELANG -- Jakarta [Seputar PKS],  Dalam masa resesnya, Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI berencana akan melakukan kunjungan teknis ke Kazakhstan dan Uzbekistan, setelah sebelumnya ke Mexico. Kunjungan teknis ke dua negara tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 27 April – 3 Mei 2013.

Surahman Hidayat, Ketua BKSAP DPR RI sekaligus sebagai pimpinan delegasi, ketika ditemui di Gedung DPR RI pada Jum’at(26/4) siang menjelaskan bahwa DPR akan kembali memaksimalisasikan hubungan bilateral dan hubungan antar parlemen.

"Kunjungan kali ini lebih menitikberatkan pada Politik, Keamanan, Pertahanan, Ekonomi, Perdagangan dan Investasi, juga pada aspek Sosial Budaya, dan Inter-parliamentary Cooperation." kata Surahman.

Hubungan kerja Bilateral antara Indonesia dengan Kazakstan dan Uzbekistan telah dimulai sejak 28 Desember 1991. Diantaranya dengan memberikan pengakuan kepada Kazakhstan bersama dengan pengakuan terhadap kesepuluh negara-negara bekas Uni Soviet lainnya, termasuk di dalamnya negara Uzbekistan.

"Hubungan diplomatik dengan dua negara tersebut dimulai pada 23 Juni 1992 dengan Uzbekistan, sedangkan hubungan diplomatik resmi dengan Kazakhstan telah dilakukan mulai tanggal 2 Juni 1993." ujar Surahman.

Lebih lanjut Surahman Hidayat mengatakan Indonesia mendorong pemerintah kedua negara, termasuk Kementerian Luar Negeri untuk mengeksplorasi ragam kerja sama yang bisa dimaksimalkan bagi kepentingan bilateral Indonesia–Kazakhstan & Uzbekistan. "Terutama sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Islam, modal sejarah yang dimiliki Uzbekistan dan Kazakhstan ini dapat menjadi peluang kerja sama lebih mendalam terkait wisata spiritual dan sejarah peradaban Islam." jelasnya.

Indonesia dan Uzbekistan merupakan negara yang memiliki keterikatan historis-sosiologis. Kita merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar dengan corak Republik. juga menunjukkan bahwa demokrasi bukanlah musuh dunia Islam, tetapi bagian hidup dari nilai-nilai Islami yang kita anut," tutup Surahman. [pks.or.id]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger