" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Akhiri dengan Indah ...

Akhiri dengan Indah ...

Written By PKS KOTA MGL on Senin, 29 April 2013 | 29.4.13



di arena marathon ini,
kita harus terus berlari..
berlari..
dan berlari..

bukan berjalan, duduk-duduk di tepi atau bahkan keluar lintasan.
Kita harus terus berlari, mengejar ketertinggalan,
ketertinggalan dari para anbiya & syuhada..

meski lelah kaki ini,
meski terengah nafas ini,
kita harus terus berlari di lintasan marathon ini.
hingga kedua kaki ini sampai ke garis finis.
syurgaNya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai..

Ya Rabb.. kuatkan kami.

PKS KOTA MAGELANG -- [Inspirasi], Bilakah kita mau berhenti sejurus saja, dari ketergesaan langkah yang telah tertoreh di lembar-lembar catatan al-kiraam al-kaatibiin.. Menengok kembali apakah masih lurus arah kita menuju, atau justru menceng sepersekian derajat dari semula saat Rabb kita mengeluarkan keturunan dari sulbi ayah kita dan mengambil kesaksian terhadap jiwa-jiwa ini. Sepersekian derajat yang membuat tempat tujuan begitu berbeda. Ah, sekadar menoleh pun kita tak sempat. Padahal tiada suatu ucapanpun yang telah kita tuturkan melainkan ada di dekat kita roqiibun ‘atid (malaikat pengawas yang selalu hadir).

Pernahkah kita sejenak saja mengingat akan kepastian hadirnya satu diantara dua kabar. Entah mana yang akan kita peroleh dari sang Maut. Ya, kita yang selalu lari dari sakaratul maut meski itu sudah jelas akan kita jumpai.

Akankah keimanan ini masih terus melekat di diri-diri kita sampai waktu itu tiba, hingga kita layak beroleh kabar gembira berupa keridhaan dan kemuliaan dari Allah melalui sang Maut. Begitu bahagia akan harapan perjumpaan denganNya. Bukan justru kebencian atas hadirnya kabar yang lain, hingga tak ada kebencian melebihi apa yang akan dihadapi. Kebencian akan perjumpaan denganNya, dan Ia pun benci bertemu dengan kita. Semoga, bukan.

Kerena jarak sehasta pun, bisa mengubah ke mana tempat yang akhirnya kita tuju. Kabar apa yang akan kita terima dan gembira atau benci ketika bersua denganNya. Sehasta saja. Sungguh, hanya sehasta.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sesungguhnya ada seorang hamba yang beramal dengan amalan ahli Surga menurut apa yang tampak di hadapan manusia, (namun) sebenarnya dia adalah penghuni Neraka, ada seorang hamba beramal dengan amalan ahli Neraka menurut apa yang tampak di hadapan manusia*, (namun) sebenarnya dia adalah penghuni Surga. Sesungguhnya amal-amal itu tergantung daripada akhirnya. [HR al Bukhari no. 6493, 6607; Muslim no. 112 dan Ahmad (V/332).] 
-----
*) Rajab al-Hanbali –rahimahullah- berkata:Ucapan “menurut apa yang tampak di hadapan manusia” merupakan isyarat yang menjelaskan bahwa isi batin si hamba tersebut berbeda dengan perilaku lahiriah yang terlihat oleh manusia, dan su-ul khatimah yang menimpanya itu terjadi dikarenakan oleh hakikat keburukan batin si hamba itu yang tersembunyi dari penglihatan manusia. Hakikat batin yang tersembunyi itulah yang kemudian menyeretnya kepada kematian yang su-ul khatimah. Seperti itu pulalah hamba yang melakukan amal ahli neraka, yakni jika pada batinnya terdapat kecenderungan untuk melakukan amal yang baik sehingga selanjutnya kecenderungannya itu akan membalikkan hatinya untuk melakukan amal kebaikan di akhir umurnya sehinga dia pun mendapatkan husnul khatimah … (Jami’ul ‘Ulum wal Hikam)

Kata sebuah nasihat, teruslah berupaya untuk meluruskan batin kita di samping meluruskan amal-amal lahir kita, yakni dengan ikhlas dan mutaba’ah. Dan teruslah untuk selalu diberi petunjuk kepada jalan yang lurus (shirat al-mustaqim) dan diteguhkan di atas jalan yang lurus itu …

Maka sobat, mari akhiri dengan indah... Wallaahu a'lam bish shawwab. [Al-Fajr Jaraway]




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger