" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Sabarlah, Kita Akan Kembali Kepada-Nya

Sabarlah, Kita Akan Kembali Kepada-Nya

Written By PKS KOTA MAGELANG on Jumat, 08 Februari 2013 | 8.2.13

PKS KOTA MAGELANG -- Dalam surat Al-Baqarah, Allah dua kali menggandengkan kata ”sabar” dengan keyakinan akan kembalinya kita kepada Allah SWT. Yang pertama ada pada ayat ke 45 & 46.

”Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” (QS 2: 45-46).
Dan yang berikutnya ada pada ayat 155-156.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS 2 : 155-156). Arti Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un itu seperti yang sudah kita ketahui bersama: ”Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali.” Kalimat itu dinamakan kalimat istirja’ yang disunatkan dibaca ketika mendapat musibah.

Kalimat tersebut tentu saja bukanlah sebuah mantra yang dibaca tanpa makna. Tapi kalimat itu sendiri adalah kalimat mendalam yang memberikan kesejukan, hiburan, kekuatan, dan sugesti ketika musibah datang. Sugesti itu tidak akan datang sendirinya tanpa kita memahami dan menghayati maknanya.

Kesadaran bahwa kita akan kembali pada-Nya memang merupakan sebuah penyejuk. Dalam surat Az-Zumar ayat 10 Allah berfirman, ”… Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” Janji Allah tentang pahala tanpa batas ini tidak akan terealisasi kecuali setelah kita kembali pada-Nya. Selama kita masih di dunia, kematian menjadi batas bagi pahala yang kita dapat. Tapi setelah kita kembali pada-Nya, dalam kehidupan surga yang abadi (QS 98 ayat 8) , itulah saat yang mungkin pahala tanpa batas terealisasi.

Dan ingat juga tentang apa yang telah Allah janjikan bagi orang yang sabar, ”Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl : 96)

Kita akan kembali pada Allah yang kekal, meninggalkan segala sesuatu yang akan lenyap. Karena itu, kenapa kita bersedih atas apa yang akan binasa? Kenapa kita tidak mengharapkan pahala yang kekal dan yang lebih baik dari yang kita kerjakan?

Maka sabarlah, kita akan kembali pada-Nya.
*****

Perhatikan surat Al-Baqarah ayat 153-157.

153 : ” Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

154 : ” Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.”

155 : ”Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”


Pada surat 154, cerita tentang orang yang gugur di jalan Allah menyelingi dua ayat yang berbicara tentang kesabaran. Ayat yang menyelingi itu bertutur tentang hidupnya orang yang telah gugur di jalan Allah, telah kembali pada-Nya, meskipun kita tidak menyadarinya. Mereka tetap hidup dengan berbagai kenikmatan yang Allah berikan.

Tentu saja ayat ini tidak sekedar menyelingi dari dua ayat yang berbicara tentang kesabaran, tapi ayat ini sangat relevan dan memiliki hubungan, juga dengan ayat 156 (telah dikutip di atas). Ayat ini bercerita bagaimana tentang keadaan orang-orang yang sabar yang telah kembali pada Allah. Karena tidak mungkin kita bisa hidup di jalan Allah hingga kemudian gugur di jalan-Nya tanpa ada kesabaran dalam mengarungi jalan Allah SWT.

Maka sabarlah, kita akan kembali pada-Nya.

*****

Karena kita akan kembali pada Allah, maka tidak ada alasan untuk tidak bersabar kalau memang surga pilihan kita.

”Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.” (QS 3 : 142).

Dan agar kita kembali pada Allah dengan bersih tanpa dosa, maka bersabarlah.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah bersabda, ”Orang mukmin baik laki-laki maupun perempuan senantiasa mendapatkan cobaan, baik dirinya, anaknya maupun hartanya sehingga ia menghadap Allah Ta’ala tanpa membawa dosa.” (HR At-Tirmidzi, lihat Riyadush Sholihin bab Sabar).

Maka sabarlah, kita akan kembali pada-Nya.

Allahu’alam bish-showab. [islamedia]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger