" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » PKS Bisa | Pandangan beberapa pengamat

PKS Bisa | Pandangan beberapa pengamat

Written By PKS KOTA MGL on Kamis, 07 Februari 2013 | 7.2.13


Pengamat politik AS Hikam meyakini PKS akan bangkit dan mengubah kasus Luthfi menjadi keuntungan besar -- As Hikam
PKS diyakini akan bangkit dan mengubah kekacauan menjadi keuntungan atas kasus yang menimpa Luthfi Hasan. Ini dapat terjadi, jika PKS mampu melakukan pergantian kepemimpinan yang baik.

"Ini karena budaya politik PKS mengutamakan kepentingan organisasi ketimbang figur, memikirkan jangka panjang ketimbang jangka pendek," ungkap pengamat politik AS Hikam di Jakarta, Jum’at (1/2)

Hikam menilai manajemen kontrol kerusakan (damage control management) PKS pantas diacungi jempol. Ini disebabkan PKS berbeda dengan parpol lain dimana jika pimpinannya tersandung masalah mereka tidak bergerak cepat.

“ Kalau PKS langsung bertindak cepat melakukan bersih-bersih, “ tegasnya.

Hikam menilai kader selevel LHI tampaknya juga tak sulit dicari di PKS. Sebab dalam PKS tidak ada kendala-kendala seperti hubungan keluarga, darah biru, dan lainnya seperti yang dikenal di parpol lain.

“Karena itu jika Presiden PKS yang baru tampil dengan citra dan kinerja bersih, maka doomsday scenario (doomsday scenario) yang disampaikan para pengamat tentang elektabilitas PKS di Pemilu 2014 akan meleset total,” pungkasnya

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menganggap konspirasi dalam berpolitik adalah sebuah kewajaran, untuk itu PKS akan tetap bekerja keras -- Sohibul Iman
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menganggap konspirasi dalam berpolitik adalah sebuah kewajaran. Untuk itu, PKS menegaskan akan tetap bekerja keras membangun bangsa di tengah berbagai kemelut politik yang ada.

"Ada terminologi konspirasi, ya sebetulnya konspirasi itu natural dan sah-sah saja. Yang kemarin Pak Anis (presiden PKS menggantikan Luthfi) tidak menunjuk siapa pun. Karena itu, ini tidak bersifat menuduh orang," ujar Ketua DPP PKS, Sohibul Iman di Jakarta, Sabtu (2/2).

Sohibul menegaskan, pihaknya lebih mementingkan evaluasi dan intropeksi ketimbang membahas konspirasi. Waktu yang ada jelang Pemilu 2014 akan dipakai untuk mengadakan konsolidasi dan berbagai pembenahan menuju citra positif PKS.

"Kita akan membangun kesadaran yang lebih segar. Kemudian kita juga berusaha bangkit," pungkasnya.

Peneliti The Future Institute, Rico Marbun menganalisa, PKS mampu bangkit pada 2014 -- Rico Marbun
Menurut peneliti The Future Institute, Rico Marbun, partai nomor urut 3 itu mampu bangkit pada Pemilu 2014 nanti. Apa penyebabnya?

"Resepnya, pertama soliditas partai ketika partai diguncang. Kalau publik yakin kader solid dan mesin bekerja, partai ini akan punya harapan," kata Rico, Rabu (6/2) di Jakarta.

Yang kedua, lanjut peneliti muda ini, adalah bagaimana PKS mampu 'memanfaatkan' media untuk mengubah situasi dan opini menjadi sebuah peluang. "Jika masalah yang mereka hadapi dikelola sedemikian rupa menjadi PR (Public Relation) gratis, momentum ini jika tepat mengambil angle nya bola ini akan terus bergulir," kata dia.

Rico juga menilai, penunjukan Anis Matta sebagai Presiden PKS yang baru adalah langkah yang tepat bagi PKS. Menurut staf pengajar Universitas Paramadina ini, Anis mampu memberi semangat kepada kader dan simpatisan PKS.

"Dalam pidato Anis di DPP, messagenya elit PKS tidak lumpuh. Dengan melakukan roadshow di dua kota yakni Jabar dan Medan problem Luthfi mampu dilokalisir oleh Anis. Lalu kemudian menjelaskan kepada kader ada problem yang lebih besar yakni pemilu 2014," kata dia.

Rico juga yakin dalam waktu yang cukup singkat menuju 2014 ini, PKS mampu mengembalikan kepercayaan publik. " "Lebih dari cukup setahun menjelang 2014," tandas Rico.
[berita99]
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger