" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » Kota Magelang Contoh Penyelenggaraan Mukhoyam Qur'an di Indonesia

Kota Magelang Contoh Penyelenggaraan Mukhoyam Qur'an di Indonesia

Written By PKS KOTA MAGELANG on Selasa, 25 Desember 2012 | 25.12.12

Peserta Terbaik MQ II Akhwat
PKS Kota Magelang -- Kota Magelang bisa sebagai percontohan untuk penyelenggaraan Mukhoyam Qur'an di Indonesia bahkan di Asia," begitu Ustadz Ahmar sebagai Musrif DPP memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Mukhoyam Qur'an (MQ) Daerah II di Kota Magelang belum lama ini. Pelaksanaan MQ II kali ini begitu spesial karena menghadirkan 3 Musrif DPP salah satunya adalah Ustadz Abdul Azis Abdur Rouf, Lc dari Markaz Al Qur'an Jakarta dan 2 Musrif lainnya adalah Ustadz Riyadus Sholihin dan Ustadz Ahmar.

MQ II yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam ini berlangsung dari tanggal 22 - 24 Desember 2012 diikuti oleh kurang lebih 100 peserta. Peserta tidak hanya berasal dari Magelang saja, akan tetapi ada beberapa peserta dari Sukoharjo dan Tegal. Pada MQ kali ini peserta ditargetkan selama 3 hari bisa mengkhatamkan Al Qur'an dan menyetorkan hafalan juz 30 dengan lancar. 

Melihat target yang digulirkan tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa pemandangan ataupun suasana yang terlihat adalah para peserta tidak pernah jauh dari Al Qur'an. Dan hal inilah sebenarnya yang menjadi tujuan diselenggarakannya MQ, agar kita semua menjadi 'akrab' dengan Al Qur'an itu sendiri. 

Gerakan pengakraban Al Qur'an ini menjadi penting, karena selama ini yang ada di benak kita ketika harus tilawah ataupun hafalan itu adalah 'tugas' yang harus ditunaikan. Sedangkan yang seharusnya menjadi niat kita adalah membaca, menghafal ataupun mentadabburi Al Qur'an adalah upaya untuk pengakraban dengan Al Qur'an. 

Ada kiat-kiat praktis yang diberikan Musrif agar kita bisa menghafal Al Qur'an dengan baik yaitu dengan membacanya lebih dari 350 kali.

Suasana MQ II

Murojaah Hafalan

Di akhir acara MQ II ini, terpilih peserta terbaik yang kemudian mendapatkan kenang-kenangan dari panitia. Ada 2 peserta terbaik dari ikhwan dan 3 dari akhwat, yang memang kalau dilihat prosentase peserta lebih banyak peserta yang akhwat. Peserta terbaik dipilih berdasarkan penilaian Musrif dengan kriteria jumlah tilawah terbanyak dan lulus ujian hafalan jus 30 dengan predikat mumtaz. 

Harapan yang disampaikan Musrif DPP dari penyelenggaraan MQ II ini, agar bisa menjadi penyemangat untuk daerah-daerah yang lain dan juga agar target-target yang telah ditentukan bisa terlampaui dengan baik di dalam penyelenggaraan Mukhoyam Qur'an berikutnya.

 -------- [ Posted by : PKS KOTA MAGELANG ] --------


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger