" Bersama PKS )|( , Membangun Magelang, Menuju Indonesia yang Adil dan Sejahtera, dengan : Cinta, Kerja, Harmoni "
Home » » PWK PKS Kota Magelang adakan sarasehan pengembangan pertanian

PWK PKS Kota Magelang adakan sarasehan pengembangan pertanian

Written By PKS KOTA MGL on Senin, 08 Oktober 2012 | 8.10.12

 PKS Kota Magelang—Dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk pengembangan pertanian perkotaan dan kebun bergizi, Pos Wanita Keadilan (PWK) DPD PKS Kota Magelang mengadakan seminar pengembangan Pertanian, Ahad (07/10) di Sekretariat DPD PKS Kota Magelang.
Acara yang dihadiri 75 anggota PWK ini adalah agenda yang dirancang untuk mensukseskan program Departemen Pertanian dalam rangka pengembangan model pertanian Kota. Sebagai unsur masyarakat, para perempuan yang tergabung di PWK Kota Magelang menyadari pentingnya program ini karena ketersediaan dan akses terhadap bahan pangan semakin terbatas. Berdasarkan data lebih dari 50% penduduk Indonesia tinggal dan hidup di perkotaan dan memerlukan bahan makanan ± 6,6 ribu ton /hari yang sebagian besar didatangkan dari luar kota alias dari desa.
“Acara ini merupakan upaya pemberdayaan perempuan, dan Pos Wanita Keadilan merupakan wadah partai untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya perempuan, melalui kegiatan pelayanan dan pendayagunaan masyarakat. Pembekalan kegiatan-kegiatan Pos Wanita Keadilan sangat diperlukan agar kader dakwah dan simpatisan mengetahui bagaimana Islam memberikan panduan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut,” terang Eny Musana, Ketua Bidang Perempuan PKS Kota Magelang.
PWK, sebagai Organisasi sayap PKS juga memiliki peran yang signifikan untuk menyumbangkan gagasan dalam konteks pembangunan apapun. Dalam hal ini, PWK Kota Magelang telah berhasil mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan pertanian perkotaan melalui Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL).
“Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) merupakan suatu konsep model rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan (dusun, desa, kecamatan dst) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat,”jelas Sumiyati, Koordinator Bidang Kajian Perempuan, anak, dan keluarga PKS Kota Magelang.
Sumiyati juga menambahkan bahwa program ini adalah program yang harus disukseskan untuk mencapai target pembangunan Kota di bidang pertanian.
“Sasaran program ini menjadi perhatian utama karena bisa mewujudkan kemandirian pangan keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan, dan peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,”lanjutnya.
Seperti diketahui, model Rumah Pangan Lestari ini adalah dilakukan dengan model budidaya gantung dan tempel dengan komoditasnya meliputi sayuran : Sawi, Kucai, Pakcoi, Kangkung, Bayam, Kemangi, Caisim, Seledri, Selada Bokor, Bawang daun dan untuk Toga diantaranya : Kencur, Antanan, Gempur Batu, Daun Jinten, Sambiloto, Jahe merah, Binahong. Model pot meliputi Sayuran: Cabai, Terong, Tomat, Buncis tegak dan untuk Toga : Jahe, Kencur, Kunyit, Temu Lawak dan Kumis kucing.
Setelah sarasehan usai, acara tersebut kemudian diakhiri dengan pembagian komoditas sayuran dan toga kepada anggota PWK tiap – tiap DPC di Kota Magelang.

-------- [ Posted by : PKS KOTA MAGELANG ] --------
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template Created : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. PKS KOTA MAGELANG - All Rights Reserved
ReDesign by PKS KOTA MAGELANG
Powered by Blogger